India Kembangkan Beras Lembut (Soft rice) yang Tak Perlu Ditanak

Beras biasanya disantap sebagai nasi dengan ditanak terlebih dahulu. Namun pada saat ini India telah mengembangkan varietas padi yang berasnya tidak perlu ditanak saat memasaknya. Dalam bahasa India beras jenis ini disebut sebagai “komul saul”, yang merupakan salah satu jenis tanaman padi lembut (soft rice).
Para ilmuwan dari Pusat penelitian padi India Central Rice Research Institute (CRRI) di Orissa telah mengembangkan padi lembut dan bahkan berniat mengembangkan lebih luas lagi ke seluruh India. Sehingga penduduk India nanti bisa menikmati beras yang tidak perlu ditanak atau dimasak terlebih dulu.


Padi lembut tersebut sudah dikenal sejak lama di India, tetapi ditemukan tumbuh hanya dikawasan tenggara negara bagian Assam. Di daerah tersebut komul saul sudah sejak dahulu dimanfaatkan sebagai padi konsumsi. Masyarakat setempat memiliki resep tradisional yakni merendam beras komul saul dengan air selama satu malam lalu menyantapnya bersama minyak mostar (mustard) dan bawang.
Di waktu lalu, budidaya padi lembut itu tidak berkembang dan meluas ke luar Assam Tenggara karena hasilnya atau produktivitasnya rendah. Untuk memperoleh padi lembut yang produksinya tinggi dan tumbuh baik di kawasan lain yang iklimnya berbeda dengan daerah Assam. Para ilmuwan CRRI telah mengembangkan varietas padi hibrida dari reguler yang hasilnya tinggi. Salah satu varietas padi hibrida tersebut yang kini menjadi andalan ialah yang dinamai Aghunibora.
DR. T.P. Adhyua, direktur CRRI menjelaskan bahwa uji lapang Aghunibora telah memberikan hasil yang positif yang menunjukkan bahwa varietas ini bisa ditanam di daerah-daerah yang berbeda iklimnya di India. Ini pertama kali padi lembut di tanam di mana saja di negeri itu. Pengembangan ini lanjutnya memungkinkan masyarakat di seluruh India bisa menyediakan dan menyantap nasi cukup dengan merendam berasnya, tidak perlu dimasak atau ditanak dulu.
Share : Digg facebook twitter